Selasa, 17 September 2013

Dunia Baru



Gila men, pas nulis judul ni postingan gue agak gemeteran.
Takut dikira ntar gue ngedukung pergerakan New World Order . Hahaha..
Tapi engga kok. Gue ga ada terlibat kegiatan begituan. Beneran.

Oke, mari kita fokus pada isi postingan bermutu ini.
Tepat awal Juni kemaren, kehidupan gue memasuki babak baru.
Bukan. Ini bukan tentang udah punya pacar atau pun nikahan.

Ini lebih ke perjalanan hidup dan pencarian jati diri.

Berawal dari hobi gue dibidang tulis menulis sejak dalam kandungan, akhirnya gue bergabung dalam salah satu media cetak terbesar di Riau. *ga boleh sebutin merk ye :v
Gue baru kerja sekitar 4 bulan jadi wartawan di rubrik Xpresi, dimana liputannya seputar kehidupan remaja dan kegiatan sekolah.
Awalnya gue pikir bakalan ketemu terus sama anak sekolahan. Apalagi sama 

 cewek-cewek SMA.


Tapi apa daya, kenyataan nya gue sering di tugasin ke sekolah tingkat SMP -__- dan ini cukup mengasah skill pedo gue.
Enaknya gabung di media ini disamping menambah duit jajan, ngebikin pengalaman nambah, gue jadi sering ketemu dan kenalan sama orang-orang baru. Apalagi kenalan sama guru-guru sekolah. Tapi yang namanya kehidupan emang ga semuanya yang menyenangkan. Kadang ada aja hal yang bikin kesel dan nyesek.

Selama kerja jadi wartawan, gue jadi tau banyak tentang tipe-tipe narasumber. Berikut gue coba jabarin :

1. Dikit-dikit protes.
Spesies ini cukup ngeselin. karena setiap tanggapan yang kita berikan selalu salah di mata mereka.
Contoh :
Narasumber : "Jadi dalam rangka meningkatkan amalan Ramadan, seperti tahun   sebelumnya OSIS dan pihak sekolah memberikan bantuan ke panti asuhan."

Gue               : "Ohh jadi kegiatan menyalurkan bantuan ini rutin setiap tahun diadakan ya Pak?" respon gue kalem

Narasumber : "Bukan. Bukan setiap tahun. Tapi dua tahun terakhir. Dan tolong jangan pakai bahasa menyalurkan, tetapi memberikan, ya." sambar si bapak dengan tatapan seolah-olah gue bego

Gue              : Oke Pak. *nelen pena*

2. Tipe sibuk/ga ada waktu.
Ini merupakan spesies yang sangat misterius, dimana setiap kita ajak wawancara selalu ga ada waktu. Kadang cuma bisa di hubungi lewat telfon atau media sosial. Pernah suatu hari gue ketemu sama kepala sekolah yang gaul abis.
Pas diminta wawancarta langsung nolak dengan alasan, "Bapak kayanya sibuk sampai sore nih, ntar chat bapak aja ya. Add fb bapak, Ahmad sanusi (bukan nama sebenarnya)."
karena diburu deadline, malamnya gue add dan langsung kirim pesan sama tu kepala sekolah.

"Pak, ini saya wartawan yang datang ke sekolah tadi. Bapak ada waktu sekarang pak? Soalnya besok beritanya harus jadi nih pak. Terima kasih."

Ga lama berselang pesan gue pun berbalas. ga kaya kisah cinta gue selama ini -_____-

" Oh iya, maaf ya dek td siang saya ada rapat. Yuk langsung aja. Mulai dari mana nih? ;) Ehehehe"

Sontak ngeliat gaya bahasa dan emot yang muncul di ujung balasan si bapak mengingatkan gue akan senyum penuh makna yang beberapa waktu lalu booming di Kaskus. Cekidot :



Shieeett...


Kemudian akhirnya gue mengakhiri chattingan tanpa membalas pesan dari si Bapak.

3. Tipe Baku dan Intelek.
Tipe ini sebenarnya adalah sosok yang baik dan bersahaja. Tapi terkadang menimbulkan kebingungan dalam setiap tanggapannya.
Contoh :
Narasumber : Jadi untuk meningkatkan minta baca daripada siswa, buku-buku di perpustakaan kita perbaharui. Daripada itu sekiranya saya berharap ini menjadi realisasi.

Gue               : Pak! Tolong jangan bikin saya kontroversi hati!

4. Tipe Narsistik.
Layaknya orang tua labil lainnya, tipe ini selalu ingin tampil eksis dan keliatan keren. Dan biasanya ini melanda kaum ibuk-ibuk.
Misal :
Narasumber : Nanti foto saya pakai yang di foto profil facebook aja ya, trus gelar saya tolong ditulis semua. Jangan lupa fotonya dibikin besar di halaman koran ya!

Gue               : "Buk! Gimana kalo cuma foto ibuk aja yang kita pajang di halamannya?! Ga usah pake tulisan liputan sama berita lain gitu!!"

5. Tipe Sotoy Akut.
Tipe ini adalah tipe yang paling ngeselin. Gimana engga? Dengan kapasitas nya yang seupil, spesies ini mencoba berlagak tau segala hal.
Contoh :
Narasumber : Dengan diadakannya jadwal tambahan ini, para siswa sangat menyambut baik dan semakin bersemangat.

Gue               : Sebentar pak, untuk hal ini nanti biar saya konfirmasi dengan siswa bapak

Narasumber : Oh ndak usah. Saya aja. Saya tau mereka tentu senang. Ujarnya Sotoy

Gue               : Kepala sekolah biadab! Bapak kira bapak bisa membodohi saya?!! Saya juga pelajar pak. Saya tau betul gimana perasaan siswa bapak. *that Feel*


Yep. Itulah tipe-tipe narasumber yang udah pernah gue temuin.

Lanjut. Hal yang bikin gue semangat kerja adalah kru cewek yang harus gue bilang cantik semua. Takutnya ntar mereka semua baca ni tulisan Ada kak Melda, Ecy, 

 Dian, Wiwin, Balqis sama Nanda.

 Ahh.. Terkadang semangat muda gue ikut terbakar cuma karena ngeliat mereka tersenyum ngedenger candaan garing gue. .....Dan persetan dengan kru-kru cowok nya. Gue ga peduli. Di media ini gue ngerasa punya keluarga baru. Kita jadi sering pergi makan bareng, saling traktir kalo lagi ada rejeki sama satu lagi bobo bareng *genit* Berikut gue tampilin momen momen kebersamaan yang ga bakal pernah gue lupain.







2 komentar:

NandaBakher mengatakan...

(y)

Anonim mengatakan...

tinggalkan komentarnya dong :v

Posting Komentar

tinggalin komentar nya dong~

 
;